RIWAYAT HIDUP HIROSHI KATO SHIHAN

           Hiroshi Kato (加藤弘, Kato Hiroshi ? ), lahir di Tokyo , 1935 sudah  terkenal di dunia Aikido Master (Dan 8). Dia tinggal di Tokyo, Jepang dan perjalanan di seluruh dunia untuk menyebarkan pengetahuan tentang Aikido. Sensei Kato adalah mantan mahasiswa Morihei Ueshiba . Sejak tahun 1986, Sensei Kato telah mengajar di Dojo nya ” Suginami Aikikai “(berafiliasi dengan Aikikai Dunia Markas Besar) yang terletak di Ogikubo distrik Tokyo dan memiliki lebih dari 55 siswa.

Awal kehidupan dan pelatihan

Kato-sensei mulai Aikido pelatihan pada tahun 1954 di Kantor Pusat Aikido Dunia ( Hombu Dojo ) di bawah instruksi Pendiri Aikido, Morihei Ueshiba atau dikenal sebagai O’Sensei. Diperkenalkan ke Hombu Aikikai Dojo melalui jaringan koneksi ibunyai ketika ia berusia 19 th, dia dilatih di sana sehari-hari serta menghabiskan berjam-jam menyempurnakan praktek pribadinya. Bekerja sehari- hari sebagai printer, ia menghadiri kelas di malam hari. (Untuk alasan ini ia tidak dapat menjadi uchideshi , dan tidak muncul di foto awal dengan mereka.) Dia terus melatih selama lebih dari 52 tahun di Hombu Aikikai Dojo meskipun dalam beberapa tahun terakhir, ia terutama mengajar di rumahnya Suginami Dojo tetapi ia masih menghadiri acara khusus pada Hombu dojo Aikikai.

Setelah lewat 10 tahun di Hombu Dojo, Kato-sensei sesekali memiliki peluang untuk secara pribadi melayani Pendiri. Dia masih mengejar Aikido melalui gambar Pendiri, sesuai dengan Kato-sensei, “Bagi saya, Pendiri tidak mati.” Dia masih hidup dalam pikiran saya dan dalam hati saya. ”

Kato sensei telah menghadiri kelas Doshu untuk tiga generasi: Pendiri, yang Doshu kedua, dan ketiga Doshu saat ini.Ia menerima pertama 6 sabuk hitam dari Pendiri dan selanjutnya 2 sabuk hitam dari Doshu kedua.

Dia memperdalam dirinya dengan bertap. Dalam tahun-tahun awal, ia sering menggunakan waktu di malam hari untuk latihan senjatai, menyapa matahari terbit keesokan harinya, dan kemudian pergi untuk bekerja lagi.

Kato sensei’s Aikido memiliki ukuran spiritualitas pribadi untuk itu. Sebelum mengikuti setiap kelas, Kato Sensei memiliki rutinitas datang awal di dojo untuk bermeditasi. Karena ia masih muda, ia mengunjungi kuil gunung dan tetap berlatih semua senjata dan malam berlatih meditasi.

Kato-sensei sangat menghormati O’Sensei dan menganggap dia sebagai gurusatu-satunya. ” Dia mengatakan “Aikido bukanlah sesuatu untuk belajar dari orang lain, tetapi untuk belajar dengan diri sendiri. Idealnya, latihan harus untuk diri sendiri, dan harus ketat dan tegas disiplin diri, dengan pilihan sendiri.”

Pengajaran dan prestasi Hiroshi Kato Hiroshi Kato melakukan Kokyu Nage di Embukai 2003, Pada tahun 1965, kelompok praktek informal bernama Yagyu-kai dibentuk di bawah bimbingan dan arah. Sebagian besar anggota pemegang sabuk hitam dan ia menikmati mengajar, latihan yang keras, dan percakapan hidup setelah latihan.

Pada tahun 1987, ia mendirikan Suginami Aikikai (dekat Ogikubo Station) di Suginami-Ku, sebagai dojo cabang di bawah Hombu Dojo Aikikai. Yagyu mantan-kai kemudian dimasukkan ke dalam Suginami Aikikai.Pada saat ini, Sensei Kato terus praktek di Hombu.

Dia telah pensiun dari pekerjaannya sebagai printer dan sekarang mengajar Aikido waktu penuh. Pada tahun 1994, ia menerima dan 8 dan pada tahun yang sama, ia mulai mengajar Aikido di AS. Ia melakukan perjalanan ke AS untuk mengajar Aikido di dojo cabang di California dan di Texas dua kali setahun. Dia juga menawarkan seminar di dojo Aikikai lainnya berafiliasi sebagai instruktur tamu.

Dari 1999 hingga 2001, ia menerima pujian atas kontribusinya mempromosikan Aikido di Houston dari Walikota Houston, Texas.Pada bulan Oktober 2006, ia diakui atas kontribusinya Aikido oleh proklamasi Hiroshi Kato Hari dari Walikota Midland Texas. Pada tahun 2001, “Suginami Aikikai” menerima pujian dari Gubernur Tokyo sebagai Organisasi Excellent.Tahun ini, ia juga mulai mengajar Aikido di Ogikubo Sports Center di Tokyo yang merupakan tempat resmi berkumpul bagi anggota Aikikai Suginami.

Mencerminkan kedalaman dan kematangan sebagai dojo, ada sekarang cukup beberapa yudansha tingkat tinggi (seperti dans 5 dan 6) di Suginami Aikikai.

 Filosofi Aikido

Untuk Kato Hiroshi Sensei, Aikido adalah cara hidup bukan hanya sebuah seni beladiri (Budo). Sensei Kato Aikido adalah gaya yang menyerupai banyak yang diajarkan di Hombu Dojo oleh Shihans seperti Watanabe Nobuyuki dan Endo Seichiro (walaupun tidak intens seperti dua) dalam arti bahwa ia praktek sentuhan bukan melempar, menggunakan momentum uke tetapi tanpa banyak menyentuhnya. Hip kuat gerakan diterapkan bersama-sama dengan kaki sedikit gerakan berputar juga.

Kato Sensei gerakannya Taijitsu berasal dari ajaran senjatanya (Bokuto dan Jo). Karena lanjut usia, kelas Kato Sensei tidak begitu kuat sebanyak harapkan tetapi kedalaman dan luasnya cakupan teknik yang murid-muridnya berusaha untuk berkembang.

Pos ini dipublikasikan di Wawasan Aikido. Tandai permalink.

Satu Balasan ke RIWAYAT HIDUP HIROSHI KATO SHIHAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s